UIM NEWS – Universitas Islam Makassar menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VII Ikatan Mahasiswa Administrasi Bisnis (IMABI) se-Indonesia yang berlangsung di Auditorium KH Muhyiddin Zain, Kamis (23/02/2023).

Pada kesempatan kali ini, IMABI menyelenggarakan Rapat Kordinasi Nasional yang juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional dan Talkshow dengan membawa tema “Integrasi Pengusaha Muda di Indonesia di Era Society 5.0”. Dalam pembukaan RAKORNAS yang diselenggarakan hari ini (23/2), Turut hadir Rektor Universitas Islam Makassar Dr. Ir. Hj. A. Majdah M Zain, M.Si, Wakil Rektor III Universitas Islam Makassar Dr. H. Nurdin Tajry, S.H., M.H, Walikota Makassar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Bendahara Asosiasi Ikatan Mahasiswa Administrasi Bisnis, Sekjen IMABI, dan Segenap Civitas Akademika UIM serta para tamu undangan lainnya.

Mengawali Sambutannya Rektor Universitas Islam Makassar, Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, M.Si mengatakan bahwa, peranan IMABI saat ini sangat strategis bagi kaum muda khususnya para mahasiswa di era society 5.0.

“Rakornas ini kita akan membahas bagaimana peranan IMABI bisa betul-betul berperan sebagai lokomotif, berada pada garda terdepan untuk membangun jiwa-jiwa enterpreneur dari para mahasiswa, khususnya para generasi muda pada umunya” Ucap Rektot UIM.

Dalam sambutannya, Rektor UIM juga berharap bahwa IMABI bisa membuat peran strategis dalam berkontribusi membangun gairah berbisnis para mahasiswa, khususnya dikalangan mahasiswa.

Selain itu, ada pula sambutan dari Walikota Makassar yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar, dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika UIM yang akan melaksanakan Rapat Kordinasi Nasional sekaligus membuka acara ini secara resmi.

“Kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan ide-ide cemerlang yang akan membentuk mahasiswa cerdas dalam menghadapi era 5.0” ujarnya.

Adapun Sekjen IMABI yang diketahui merupakan putra daerah dari Mahasiswa UNM menyampaikan harapan untuk bagaimana jurusan administrasi bisnis menjadi sebuah jurusan favorit kedepannya.

“Dalam Rapat Kordinasi Nasional IMABI kali ini kami harap proyeksi-proyeksi kedepan dari teman-teman himpunan menjadi bekal untuk membawa IMABI lagi kedepannya karena di IMABI ini kita ingin membawa nama Administrasi Bisnis menuju jurusan yang menjadi favorit di Indonesia” ujarnya.

Kegiatan Rapat Kordinasi Nasional IMABI ini akan berlangsung selama empat hari dengan serangkaian acara yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana yang merupakan tuan rumah, HUMANIS FISIP UIM

Teken Kerjasama MoU, MoA IAIN Bone dengan UIM

UIM NEWS – Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Medorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Gedung Rektorat, Jumat (01/03/2024)

Dan Pendatangan perjanjian kerjasama Memorandrum of Agreement (MoA) Fakultas Agama Islam Univeritas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali dengan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone.

Penandatanganan MoU dan MoA langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Ahmad Hanafi, ST., MT., Dekan Fakultas Agama Islam UIM Al-Gazali, Dr. Djaenab, S.Ag., M.H.I. dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (IAIN) Bone, Dr. Sarifah Suhra, S.Ag., M.Pd.I.

Dekan Fakultas Agama Islam UIM Al-Gazali, Dr. Djaenab, mengatakan Fakultas Agama Islam merupakan salah satu fakultas yang berdiri sejak lama dengan memiliki program studi yang telah melahirkan banyak alumni.

“Fakulas ini berdiri sejak lama dan menjadi fakuktas tertua di UIM Al-Gazali, tentu sudah banyak melahirkan alumni yang sudah banyak terserap dibarbagai dunia pekerjaan,” ujarnya.

Tentu dengan adanya kerjasama ini, kata dia. bisa memberikan peluang antara Fakultas Agama Islam UIM Al-Gazali dengan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (IAIN) Bone.

“Dulu itu kita semua bersaing antara fakultas, bukan itu lagi diharapkan, tapi sekarang ini bagaimana kita kolaborasi kerjasama untuk kepadan nanti,” tambahnya.

Sematara itu, Dekan Fakultas Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (IAIN) Bone, Dr. Sarifah Suhra menyampaikan atas peluang kerjasama yang diberikan oleh pimpinan universitas dan fakultas.

“Tadi awalnya kami pikir suasananya tidak seperti ini, tapi hari ini kami disambut dengan penuh kehagantan mulai dari pimpinan universitas, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Ketua Lembaga, Kepala Bagian yang hadir pada hari ini,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan dengan adanya kerja sama ini dapat memberikan peluang untuk IAIN Bone dalam menunjang indikator kinerja utama.

“Hari ini merupakan kebanggaan bagi kami khusunya di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (IAIN) Bone, bisa dapat diterima ajakan kejasama kami, oleh Fakultas Agama Islam UIM Al-Gazali,” ujranya.

Penadatanganan MoU dan MoA ini disaksikan lansung oleh Wakil Rektor II UIM Al-Gazali, Badruddin Kaddas, M,Ag., Ph.D, Kepala Biro, Ahmad Najib, S.Pd., M.Ag, Sekertaris LPMI, Muhajirin, S.Fil., M.Fil, Kepala Bagian Media, Kerjasama dan Promosi, Sudirman, S.Pd, M.Pd para Wakil Dekan dan Ketua Prodi.

Ditempat yang sama, Wakil Rektor I, Dr. Ir. Ahmad Hanafi, ST., MT., mengatakan UIM Al-Gazali memiliki 32 program studi dari 8 fakultas yang sudah memiliki akreditasi baik sekali dan unggul.

“Perlu kami sampaikan bahwa di Fakultas Agama Islam, Program studinya sudah terakreditasi baik sekali dan unggu, untuk itu dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan efak yang baik,” ucapnya.

Rakerwil LLDIKTI Wilayah 9

UIM NEWS – Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali hadir dalam Rapat Kerja LLDIKTI Wilayah IX Dalam rangka sinergi dan kolaborasi antara LLDIKTI Wilayah IX dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

Rapat kerja ini sebagai upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi yang berlangsung di New Life Ballroom – Ciputra World Surabaya, Rabu (28/02/2024).

Tema Rakerwil tahun ini adalah “Meningkatkan Jaminan Mutu dan Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Mendukung Implementasi MBKM“.

Dalam sambutannya, Andi Lukman mengungkapkan pentingnya meningkatkan Jaminan Mutu dan Tata Kelola Perguruan Tinggi.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX juga mendorong perguruan tinggi untuk terus mendukung impelementasi MBKM agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIM Al-Gazali Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag dalam wawancara singkatnya mengungkapkan bahwa Rakerwil ini merupakan forum yang sangat penting untuk membahas berbagai isu strategis terkait dengan pengembangan pendidikan tinggi di wilayah Sulselbarta.

“Rakerwil ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sulselbarta,” Ucapnya.

Rektor UIM Al-Gazali juga mengungkapkan bahwa UIM saat ini terus meningkatkan jaminan mutu dan tata kelola perguruan tinggi dan terus mendukung implemetasi MBKM.

“UIM berkomitmen untuk terus mendukung implementasi program MBKM, sebab itu sudah menjadi program unggulan kami,” Tegasnya.

Rakerwil ini diharapkan dapat menghasilkan program-program yang konkrit untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sulselbarta.

UIM Terima Kunjungan Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali menerima kunjungan kerja Dinas Pendidikan Provinsi Sulawasi Selatan di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Gedung Rektorat, Rabu (28/02/2024).

Kunjungan kerja Dinas Pendidikan Sulsel disambut langsung oleh Wakil Rektor I UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Ahmad Hanafie, MT., IPM. dan Wakil Rektor II, Badrunddin Kaddas, M.Ag., Ph.D didampingi Dekan Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, dan Sastra, Dr. Mulyadi, M.Pd.

Kunjungan Dinas Pendidikan Sulsel dalam rangka menindak lanjuti peraturan Gubernur nomor 7 Tahun 2023 tetang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja perangkat daerah.

Salah satunnya adalah dibidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang memiliki tugas dan fungsi yakni fasiltas dan koordinasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan tinggi.

Kabid PTK Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Muhlis mengatakan kunjungan ini dalam membangun sinergitas dalam upaya pengembangan PGPAUD di Sulawesi Selatan.

“Dalam menindaklanjuti peraturan Gubernur nomor 7 Tahun 2023, Salah satunnya adalah dibidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang memiliki tugas dan fungsi yakni fasiltas dan koordinasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan tinggi dan Pendidikan Masyarakat,” jelannya.

Wakil Rektor II UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Ahmad Hanafie, MT. mengatakan Universitas Islam Makassar memiliki Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), yang merupakan Pendidikan yang sangat mendasar dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Pendidikan Usia Dini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan orang tua, terutama masyarakat pedesaan, semua adalah tanggung jawab bersama melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Kegiatan ini berhasil menuntaskan draft MoU antara Dinas Pendidikan, Universitas Islam Makassar, dan Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, yang akan ditanda tangani pada saat Rakor Bunda PAUD 7-9 Maret 2024.

Selain itu, UIM akan diberikan alokasi waktu pada saat kegiatan Rakor nantinya untuk sosialisasikan jalur RPL PGPAUD didepan peserta Rakor Bunda Paud dari 24 Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Dekan FKIPS, Dr. Mulyadi M Pd., menambahkan bahwa tengah merancang seminar nasional yang berkaitan dengan pelayanan dan pengabdian PGPAUD.

“Kami sudah siapkan konsep merancang seminar nasional yang belum sempat dilakukan, mudah-mudahan rencana kerjasama ini dapat merealisasikan program tersebut,” ujarnya.

Tingkatkan Mutu Internal, LPMI UIM Laksanakan Audit OYAP

UIM NEWS – Hari kedua, Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melaksanakan audit One Year Action Plan (OYAP) 2023-2024, Selasa (27/02/2024).

Audit OYAP dilaksanakan untuk memantau kinerja dari seluruh fakultas, program studi, pimpinan, pejabat struktural, dosen, dan tenaga kependidikan dalam lingkup Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali.

OYAP menjadi salah satu alat ukur dalam meningkatkan mutu UIM Al-Gazali sebagai perguruan tinggi yang secara konsisten mengembangkan mutu sesuai standar nasional pendidikan tinggi (SN-DIKTI).

Ketua LPMI UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Suradi, ST, MT menyampaikan pelaksanakan OYAP menjadi standar audit yang menjadi tugas LPMI untuk mengukur kualitas kinerja seluruh komponen.

“Sesuai arahan Rektor, seluruh komponen UIM harus bekerja secara fokus dan terukur, sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU). Dan untuk mengukur kualitas produktivitas tersebut, maka action plan ini sangat dibutuhkan. Sehingga Audit One Years Action Plan (OYAP) ini menjadi standar audit yang menjadi tugas utama dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPMI) untuk mengukur kualitas kinerja seluruh komponen per bulan februari tahun 2024,” ujarnya.

Karna OYAP ini, lanjutnya, perencanaan satu tahun, maka hasilnya nanti akan kelihatan pada audit tahap kedua di akhir tahun 2024.

“OYAP ini pertama kali dilaksanakan. Tahap pertama, memantau perkembangan kinerja, dan tahap kedua akan dilaksanakan di akhir tahun 2024 untuk menentukan kualitas kinerja seluruh komponen dalam perencanaan satu tahun,” jelasnya.

Sekertaris LMPI UIM Al-Gazali, Muhajirin, S.Fil., M.Fil mengatakan sebanyak 47 tim yang akan dilibatkan dalam proses audiy OYAP ini

“Sebanyak 47 tim dilibatkan dalam audit OYAP ini, yang sebelumnya telah dibekali pengetahuan teknis dalam menjalankan audit OYAP. Tujuan audit OYAP secara substansial cukup banyak, selain sebagai pedoman kinerja peningkatan karir, juga menjadi pedoman dalam pelaksanaan kinerja mulai dari tenaga kependidikan hingga pimpinan tertinggi, dan sebagai panduan kinerja dalam mencapai tujuan bersama dalam penyelenggaraan tridharma UIM Al-Gazali,” ujarnya.

Rektor UIM Al-Gazali, Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag menegaskan OYAP dilaksanakan akan dilaksananakan secara periodik untuk seluruh pimpinan, pejabat struktural hingga tengaga kependidikan.

“OYAP ini akan dilaksanakan secara periodik, dan semua pimpinan, pejabat struktural hingga tenaga kependidikan akan diaudit. jadi maksud dan tujuannya adalah agar seluruh komponen bekerja sesuai dengan tupoksinya. Indikator Kinerja Utama (IKU) sudah cukup jelas dan terarah. namun untuk melihat sejauh apa realisasinya akan kelihatan pada hasil audit OYAP,” pungkasnya.

Taken MoU

UIM NEWS – Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali taken MoU bersama Viswin Global sebagai Kolaborasi internasional yang berlangsung di Ruang Rapat lantai 3 UIM Al-Gazali, Senin (26/02/2024).

Kolaborasi internasional antara kedua belah pihak mencakup bidang pengajaran, pembelajaran online, dan kelas internasional.

Viswin Global merupakan Arsitek Edu yang bekerjasama dengan beberapa instansi untuk mengembangkan pendidikan dengan nilai-nilai kemanusiaan, kemitraan, dan kemajuan serta menjadi kekuatan untuk perubahan yang positif.

Penandatanganan MoU ini disambut baik oleh Rektor UIM Al-Gazali yang menjadi kekuatan dan inovasi penting bagi UIM Al-Gazali.

“Selamat di UIM Al-Gazali, saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari rencana penting ini dengan kekuatan kolaborasi untuk mendorong perubahan dan inovasi penting bagi UIM Al-Gazali,” Ucap Prof. Muammar Bakry.

Prof. Muammar bakry juga mengungkap bahwa dengan adanya kerjasama ini dapat mengembangkan kualitas dan kuantitas demi impian untuk meraih akreditasi Unggul.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Rektor UIM Al-Gazali, Prof. Muammar Bakry, Lc., M.Ag dan Direktur Viswin Global, Vignesh Vijayaraghavan, B. Tech, M.Com.

Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali taken MoU bersama Viswin Global sebagai Kolaborasi internasional

Ketua Badan Pengurus Harian Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali, Prof. Dr. Hj. A. Majdah M Zain, M.Si yang juga turut menyaksikan penandatanganan kerjasama ini mengungkapkan bahwa dengan adanya kolaborasi ini akan menjadi awal yang baik ditahun 2024 ini.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini menjadi awal yang baik diawal tahun ini untuk mencapai tujuan kita dalam meraih akreditasi Unggul,” Pungkasnya.

Turut hadir Sekretaris Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, pimpinan fakultas dan dosen serta segenap civita akademika UIM Al-Gazali.

LPMI UIM Tengah Laksanakan Pekan Audit Mutu Internal

UIM NEWS – Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali tengah melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI), Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU) dan One Year Action Plan (OYAP) 2023-2024.

Pelaksanaan Audit Mutu Internal dilakukan secara berkala diseluruh fakultas dan program studi (UIM) Al-Gazali dimulai dari Senin, 26 sampai dengan Selasa, 27 Februari 2024 yang dibagi dalam 9 tim monitoring.

Ketua LPMI UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Suradi, S.T.,M.T menyampaikan kegiatan pelaksanaan audit harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang sudah ditetapkan oleh universitas.

“Pelaksanaan audit ini harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang kira gunakan,” ungkapnya.

Suradi, menjelaskan pelaksanaan audit ini juga untuk memastikan bahwa indokartor kinerja utama yang telah dilakukan oleh fakultas dan program studi.

“Tim yang akan turun ke setiap fakulas untuk menemukan fakta lapangan. Intinya adalah pada pelaksanaan audit ini ada dua hal yang substansial yang ingin dicapai, Satu, Pimpinan ingin memastikan bahwa Indikator Kinerja Utama (IKU) telah dijalankan dengan baik, kedua, mutu internal program studi berjalan sesuai dengan kriteria 9,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pelaksanaan audit tersebut yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Internal untuk melakukan pemataan peningkatan studi dalam satu tahun. dan menentukan program studi.

“Dari pelaksanaan audit ini juga LPMI mampu melahirkan pemetaan peningkatan program studi dalam satu tahun, untuk menentukan program studi yang sudah memenuhi syarat akreditasi unggul,” jelasnya.

Tim monitoring dan evaluasi diantaranya:
Fakultas Ilmu Kesehatan
Koordinator: Ir. A. Haslina, ST, MT. IPP
Anggota Tim:

  1. Muhammad Iqbal, S.Farm, Apt, M.Si
  2. Rusmiaty, S.Pd.I., M.Pd

Fakultas Hukum
Koordinator : Riskal Fitri, S.Pd. M.Pd
Anggota Tim:

  1. Jukarnain, S.Kep. M.Kes
  2. Surya Anantatama Sembiring S.Kom.I., M.Si

Fakultas Pertanian
Koordinator: Dr. H. Fihris Khaliq, MA
Anggota Tim:

  1. Dr. Hj. Rahma Fitriana, M.Si
  2. Hakim. ST, MM
  3. Pramudita Budi Rahayu, S.Sos., M.I.Kom.

Fakultas Keguruan,
Ilmu Pendidikan dan
Sastra
Koordinator: Dr. Hj. Tahirah Hasan, SS. M.Si
Anggota Tim:

  1. Musrawati, ST, MT
  2. Ernawati, S.ST., M.Si
  3. Nurul Fuady Fitryani Ahmad, S.Kep., Ns., M.Kep
  4. Masli Nurcahya Zoraidah, S.Si., S.Pd. M.Si
  5. Andi Nur Dian Astriani. S.Farm, M.Si
  6. Nur Fajrin Maula, S.SI, M.Si

Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik
Koordinator: Dr. Aswiwin. SH, MH. C.Med.
Anggota Tim:

  1. Jamaluddin. S.Pd., M.Pd
  2. Raidah Intizar, MA
  3. Ashar, S.Pd., M.Pd
  4. Dr. Nur Afni, S.Pd, M.Pd

Fakultas MIPA
Koordinator: Dr. Hj. A. Mardyawati Yunus, M.Pd
Anggota Tim:

  1. Dr. Saparuddin, S.Ag. M.Ag
  2. Sitti Nurjannah, S.Pd., M.P

Fakultas Teknik
Koordinator: Ir. H. Andi Rahman Syafar, M.P
Anggota Tim:

  1. Dr. Sadaruddin, S.Pd., M.Pd
  2. Syarifuddin, S.E.I., M.E
  3. Dian Asri Unga Mega, S.TP., M.Si
  4. Zul Khaidir Kadir, SH, MH

Fakultas Agama
Islam
Koordinator: Dr. H. M. Lutfhi, M.Si
Anggota Tim:

  1. Jamila Messa, Mp
  2. Musdalifah, ST, MT
  3. Teguh Pratama, SP. M.Si

Program
Pascasarjana
Koordinator: Pa rahmat jahuddin
Anggota Tim:

  1. HB. Hasan Basri, SH, MH. C.Med
  2. Nur Isnayanti Burhanuddin. S.Kom., M.Kom
  3. Muammar Mukhtar. M.Th.I

Tingkatkan Prestasi Mahasiswa, UIM Coaching Clinic Proposal PKM

UIM NEWS – Dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa, Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melakukan pendampingan atau Coaching Clinic proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024.

Coaching Clinic tersebut dilaksana oleh Bagian Kemahasiswaan Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor II, Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Rektorat, Sabtu (24/02/2024).

Kapala Bagian Kemahasiswaan UIM Al-Gazali, Fathuddin, S.Sos mengatakan penyelenggaraan Coaching Clinic atau pendampingan proposal PKM 2024 merupakan bagian dari upaya kemahasiswaan dalam mencapai prestasi mahasiswa melalui kompetisi ide kreatif dan inivatif berbasis ilmu pengetahuan.

“Coaching Clinic proposal PKM ini dilaksanakan dalam memacu potensi kreativitas mahasiswa berbasis ilmu pengetahuan, tekonoligi, dan seni.

Pada kesempatan tesebut, Wakil Rektor II UIM Al-Gazali, Badruddin Kaddas, saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan, PKM adalah salah satu dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yang perlu dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.

“Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, kembali memberikan kesempatan kepada kita khususnya anak-anak ku mahasiswa untuk ikut serta dalam mengikuti PKM, untuk terus berinovasi,” ujaranya.

Kegiatan Coaching Clinic proposal PKM 2024 mengahadirkan tim reviewernya diantaranya, Dr. Ir. Kasirang A. Baso. M.si, Andi Samsu Rijal, SS, M.SI, apt. Arfiani Arifin, S.Si, M.Si, Andi Haslinah, ST, M.si, MT, IPP dan Andi Arfan, SH, dengan jumlah proposal sebanyak 59 yang masuk.

Sebagai salah tim reviewer, Andi Samsu Rijal mengatakan tujuan program PKM tersebut untuk memacu kreativitas anak bangsa. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi.

“PKM terus dikembangkan dan digalakkan oleh dirjen Belmawa hingga Perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali terus melihat peluang dalam mengembangan kreativitas mahasiswa.

“UIM Al-Gazali sebagai kampus inovatif tentu tidak ingin ketinggalan atas peluang tersebut. Olehnya itu melalui Kemahasiswaan UIM bentuk tim PKM 8 bidang dan tim Coaching Clinic PKM terdiri dari dosen,” tutupnya.

Prodi Teknik Sipil UIM Kunjungan ke UII Sekaligus Teken MoA

UIM NEWS – Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali melakukan kunjungan Benchmarking ke Universitas Islam Indonesia (UII) sekaligus teken MoA (Memorandung of Agreement).

Kunjungan Prodi Teknik Sipil dalam rangka kegiatan Benchmarking dengan peserta sebanyak 11 orang yang terdiri dari 6 orang dosen dan 5 orang mahasiswa yang berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 24 Februari 2024.

Kegiatan benchmarking dilanjutkan dengan pendantanganan MoA kerjasama anatara Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali dengan Program Studi Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat (23/03/2024).

MoA kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) dalam bidang pengelolaan kurikulum, penjaminan mutu dan laboratorium, yang ditangani oleh Ketua Program Studi Teknik Sipil UIM Al-Gazali, lham Idrus, STP., M.TP. IPM. dengan Ketua Program Studi Teknik Sipil UII, Ir. Yunalia Muntafi, ST., MT., Ph.D (Eng,), IPM.

Ketua Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UIM Al-Gazali lham Idrus, STP., M.TP. IPM. mengatakan benchmarking akan dilakukan di beberapa tempat yang sudah diagendakan.

“Kami akan melakukan kunjungan di beberapa tempat seperti, Museum Gempa Kaliurang, Universitas Islam Indoneisa (UII), Universitas Gajah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dan Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional (STPN) Yogyakarta,” ucapnya.

lham, juga berharap dengan adanya kegiata benchmarking dapat memberikan dampak yang baik terhadap Program Studi Teknik Sipil kedepan.

“Harapan kami tentu, agar Prodi Teknik Sipil dapat lebih unggul dan maju dalam pengelolaan kurikulum, penjaminan mutu dan laboratorium,” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Dr.Ir.Saripuddin M., MT. mengatakakan dengan adanya kunjungan dan kerjasama yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Sipil dapat membuka ruang untuk mendapatkan akreditasi unggul.

“Tentu ini menjadi kesempatan dan peluang kedepan untuk Program Studi Teknik Sipil medapatkan akreditasi unggul,” ujarnya.

Rapat Pemantapan, LPMI UIM Siap Laksanakan Audit Mutu Internal

UIM NEWS – Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali menggelar rapat pemantapan terkait pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), Monitoring Indikator Kinerja Utama (IKU) dan One Year Action Plan (OYAP).

Rapat pemantapan oleh LPMI tersebut dihadiri oleh seluruh Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3 Gedung Rektorat, Kamis (22/02/2024).

Rencananya pelaksanaan audit akan berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Senin, 26 sampai dengan Selasa, 27 Februari 2024.

Pelaksanaan audit melibatkan 49 orang Tim yang terdiri dari 9 koordinator, melibatkan Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Unit Jaminan Mutu (UJM).

Sekretaris LPMI, Muhajirin, S.Fil., M.Fil mengatakan pelaksanaan audit dilakukan untuk memastikan dokumen telah dipersiapkan oleh seluruh fakultas dan program studi.

“Tujuannya, satu, meninjau dokumen yang telah dipersiapkan oleh fakultas, program studi, dua, penyamaan persepsi tentang alur pelaksanaan audit,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LPMI UIM Al-Gazali, Dr. Ir. Suradi, S.T.,M.T menyampaikan kegiatan pelaksanaan audit harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang sudah ditetapkan oleh universitas.

“Pelaksanaan audit ini harus dimaksimalkan sesuai dengan standar instrumen yang kira gunakan,” ungkapnya.

Suradi, menjelaskan pelaksanaan audit ini juga untuk memastikan bahwa indokartor kinerja utama yang telah dilakukan oleh fakultas dan program studi.

“Tim yang akan turun ke setiap fakulas untuk menemukan fakta lapangan. Intinya adalah pada pelaksanaan audit ini ada dua hal yang substansial yang ingin dicapai, Satu, Pimpinan ingin memastikan bahwa Indikator Kinerja Utama (IKU) telah dijalankan dengan baik, kedua, mutu internal program studi berjalan sesuai dengan kriteria 9,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pelaksanaan audit tersebut yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Internal untuk melakukan pemataan peningkatan studi dalam satu tahun. dan menentukan program studi.

“Dari pelaksanaan audit ini juga LPMI mampu melahirkan pemetaan peningkatan program studi dalam satu tahun, untuk menentukan program studi yang sudah memenuhi syarat akreditasi unggul,” jelasnya.

Terpisah, Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al-Gazali, Prof. Dr. Ir. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag menyampaikan seluruh kompunen yang bekerja sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Seluruh kompunen bekerja sesuai dengan IKU nya, sehingga audit ini akan terlihat kompunen mana yang akan kelihatan,” punkasnya.

Webinar

UIM NEWS – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Makassar Al-Gazali gelar kegiatan webinar peningkatan kualitas penelitian dosen melalui Upgrade data Sinta.

Webinar ini dilaksanakan melalui media conference atau zoom, Selasa (20/02/2024).

Narasumber pada webinar kali ini terdiri dari 2 orang, Dr. Hj. Sriwati Majid, M.T., dan Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd., yang keduanya merupakan Tim Verifikator Sinta Universitas Islam Makassar.

Turut hadir, Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIM Al-Gazali dan beberapa pimpinan Fakultas serta dosen.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM sekaligus secara resmi membuka acara kegiatan ikut menyampaikan ucapan terima kasih dengan di laksanakan kegiatan webinar ini, Beliau juga memberikan pertanyaan yang nanti akan di jelaskan langsung oleh Narasumber terkait bagaimana itu SINTA dan BIMA.

Lanjutnya, Beliau juga membagikan pengalaman saat proses pengajuan proposal, beliau menghimbau kepada para Dosen yang mengusulkan penelitian namun tidak lolos untuk tidak mudah menyerah.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Makassar Al-Gazali gelar kegiatan webinar peningkatan kualitas penelitian dosen melalui Upgrade data Sinta

Ketua LPPM dalam sambutannya, sangat mendukung dan berterima kasih bisa terselenggaranya webinar ini.

“Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan webinar ini yang dapat terlaksana dengan baik, terima kasih kepada Narasumber yang telah menyempatkan waktunya”, Ujarnya.

Disamping itu, Beliau juga menambahkan bahwa dengan adanya Program ini, Riset, Bima dan beberapa program yang merupakan salah satu alasan pemerintah dalam membuat Bapak/Ibu Dosen semakin termotivasi untuk mengupdate dan aktif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SINTA (Science and Technology Index) atau yang dikenal sebagai jurnal Sinta merupakan portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek.

SINTA menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi juga dapat dianggap sebagai database atau pusat data jurnal nasional yang terakreditasi.

Oleh karena itu penting bagi dosen UIM Al-Gazali melakukan publikasi jurnal, karena score individu dosen akan diakumulasi menjadi score SINTA.