Kembali ke homepage

Fakultas Agama Islam



FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

 

SEJARAH SINGKAT

Fakultas Agama Islam UIM merupakan cikal bakal lahirnya perguruan tinggi yang bernama Universitas Islam Makassar. Dimulai dengan pendirian Akademi Da’wah pada 21 Februari 1966. Akademi Da’wah kemudian menjadi Fakultas Da’wah bernaung di bawah Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU). Pada tahun 1972-1984 UNNU berubah nama menjadi Universitas Al-Gazali (UNIZAL).

Pada tahun 1984-2000 karena mengikuti kebijakan pemerintah Fakultas Da’wah UNIZAL kembali menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Al-Gazali dan pada tahun 1990 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Makassar kembali menjadi Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Makassar dengan mengacu pada SK Menteri Agama RI No.E/100/2001.

Dalam perkembangannya Fakultas Agama Islam UIM selalu menjadi salah satu Fakultas favorit di UIM, karena itu wajar jika sejak tanggal 17 Februari 2003 program studi Pendidikan Agama Islam berhasil mendapatkan status Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sekaligus Program Studi Pendidikan Agama Islam menjadi Program Studi yang pertama terakreditasi di UIM. 

 

VISI

Mengembangkan lembaga Pendidikan Islam dan Komunikasi Keislaman yang unggul dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi serta mampu bersaing secara global”.

 

MISI

  1. Menghasilkan tenaga ahli dan profesional dan bidang pendidikan (Tarbiyah) dan Komunikasi (Da’wah) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, mandiri yang berwawasan keislaman untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan ilmu pengetahuan yang berorientasi keislaman yang menjunjung tinggi akhlak dan nilai-nilai kemanusiaan.
  3. Mengembangkan lembaga Kajian Agama dan Budaya yang mempunyai keunggulan dan konstribusi yang besar untuk pembangunan bangsa.
  4. Menciptakan budaya akademik yang kondusif, memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki secara optimal, mendorong civitas akademika dan tenaga pendukung untuk belajar sepanjang hayat, serta responsif dan tanggap terhadap perubahan.
  5. Memberikan layanan kepada masyarakat luas baik langsung maupun tidak langsung untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  6. Melakukan kegiatan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga, baik di dalam negeri, maupun di luar negeri sebagai wujud / manifestasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

 

STRUKTUR :

Dekan    :   Dr. H. Ruslan, MA 
Wakil Dekan I   :   H. Muh. Fihris Khalik, S.S., MA., Ph.D
Wakil Dekan II   :   Masri, S.Th. I., M.Th.I
Wakil Dekan III   :   Drs. H. Kadir Saile, M.Ag
Ketua Program Studi KPI   :   M. Nasir, S.HI., M.HI
Ketua Program Studi PAI   :   Agus, S.Pd.I., M.Pd.I
Ketua Program Studi PGMI   :   Asriani Tahir, S.Pd., M.Pd
Ketua Program Studi Ekonomi Syariah   :   Heri Iswandi, S.EI., ME
Ketua Program Studi Ilmu Al-Quran & Tafsir   :   Mubarak Bakry, S.Th. I., M.Th.I

 

PROGRAM STUDI :

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).
  2. Pendidikan Agama Islam (PAI).
  3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
  4. Ekonomi Syariah
  5. Ilmu Al-Quran & Tafsir

 

FASILITAS AKADEMIK :

  1. Laboratorium Micro Teaching
  2. Laboratorium Komputer
  3. Laboratorium Bahasa
  4. Perpustakaan Pusat Kajian Hadis dan Universitas
  5. Kelas dengan Fasilitas Multimedia
  6. Laboratorium School