200 Ahli Ekonomi Pertanian Berkumpul di Bangkok

By 14 Jan 2017, 10:33:11 WIBKegiatan Dosen
200 Ahli Ekonomi Pertanian Berkumpul di Bangkokitu dari Indonesia selain penulis juga hadir peneliti PERHEPI dari Unversitas Negeri Solo, Ketua Assosiasi Agribisnis Indonesia dan beberapa PhD student Indonesia dari Belanda.

Pada hari kedua sekaligus penutupan Asia Society Agricultural Economists (ASAE) 9th Intenasional confrence,  tampil dalam plemenary session diantaranya Steven Jaffe dari Word Bank yang membahas Urban Food Strategies in Asia. Sebelum Jaffe tampil juga Ekonom Pertanian dari Cornel University yang membahas tentang Transformasi pertanian di Asia.

Data-data yang ditampilkan oleh Jaffe yang merupakan senior ekonom pertanian di Word Bank ini diantaranya prediksi berkurangnya lahan pertanian dan produksi pada tahun 2030 dibandingkan tahun 2000. Menurut perkiraan Jaffe dari tahun 2000 ke tahun 2030 dunia akan kehilangan sekitar 30 juta ha akibat perluasan kota.

Dari situ dunia akan kehilangan sekitar 2 persen dari total lahan pertanian dan menyebabkan kehilangan sekitar 3.7 persen dari total produksi pertanian. Di dunia negara yang paling besar kehilangan lahan pertaniannya akibat perkembangan kota ini secara absolut adalah China 7.6 juta hektar, menyusul Pakistan (1.8 juta ha), Vietnam (0.8 jt ha).

Dr Ir Suardi Bakri, MP Asdir I PPs-Universitas Islam Makassar

Melaporkan dari Bangkok Thailand