Raih Predikat Sangat Memuaskan Dosen UIM Raih Gelar Doktor di Unhas

By Administrator 25 Jan 2017, 10:05:38 WIBKegiatan Dosen
Raih Predikat Sangat Memuaskan Dosen UIM Raih Gelar Doktor di Unhas

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Makassar Awaluddin berhasil meraih gelar Doktor (S3) pada sidang promosi Doktor di program studi Ilmu Pertanian Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa (24/1/2017) yang bertempat Aula Prof. Dr. Hardjoeno Lt. 2 PPs Unhas.

 

Awaluddin mampu mempertahankan Disertasinya dengan predikat "Sangat Memuaskan" yang berjudul "Rasionalitas dan Kewirausahaan Petani dalam Merespon Perubahan Sosio-Teknis dan Kelembagaan Usahatani Padi", dihadapan Darmawan Salman guru besar Unhas selaku promotor, M Saleh S Ali guru besar Unhas, Dr. Eymal B Demmallino masing-masing selaku Ko-promotor, serta Dr. A Majdah M Zain selaku penguji eksternal, Prof. Didi Rukmana, Prof. Hamka Naping, Dr. Imam Mujahidin Fahmid, dan Dr. Mahyuddin masing-masing selaku penguji internal.

 

Dalam penelitiannya Awaluddin meneliti tentang perubahan usahatani padi yang diawali dengan perubahan sosio-teknis yang digerakkan oleh revolusi hijau dan berimplikasi padaaa perubahan kelembagaan usahatani padi.

 

"Tentunya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sosio-teknis, perubahan kelembagaan, respon rasionalitas dan kewirausahaan petani terhadap perubahan sosio-teknis dan kelembagaan usahatani padi". Ungkapnya dihadapan promotor dan penguji.

 

Penelitian ini menggunakan paradigma postpostivisme, dengan studi kasus tentang komunitas petani dalam konteks perubahan sosio-teknis dan penyesuaian kelembagaan di Desa Bonto Marannu Kecematan Kau Kabupaten Maros.

 

Adapun manfaat penelitian ini yakni, karakter wirausaha petani diperoleh di dalam asuhan rumah tangga yang oenuh kehangatan dan demokratis, sebagaimana hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter wirausaha petani diperoleh melalui proses internalisasi dalam asuhan rumah tangga yang pen