Program Profesi Guru Diluncurkan Bertepatan dengan Peringatan Hardiknas 2017

By Administrator 02 Mei 2017, 07:36:51 WIBInfo Dikti
Program Profesi Guru Diluncurkan Bertepatan dengan Peringatan Hardiknas 2017

Dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei tahun ini, Kemenristekdikti akan meluncurkan beberapa program pendidikan tinggi. Salah satunya adalah Program Profesi Guru (PPG).

Pembukaan program studi (prodi) profesi guru ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan di Indonesia serta untuk menyesuaikan pendidikan profesi sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

“Prodi ini akan memberikan tambahan kompetensi calon guru dalam mengajar, sama halnya keprofesian insinyur, dokter, dan lainnya.”

Hal ini disampaikan  Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo selaku Ketua Panitia Peringatan HARDIKNAS 2017 Kemenristekdikti ketika melakukan jumpa pers untuk menyampaikan gambaran pelaksanaan peringatan HARDIKNAS di lingkungan Kemenristekdikti, di gedung D Kemenristekdikti, Senayan Jakarta, Jumat (28/4).

PPG akan dibuka dengan program pembelajaran selama satu tahun. Sama halnya dengan PPG yang selama ini dilaksanakan di sejumlah perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah. Namun untuk saat ini PPG sudah bisa dibuka oleh semua perguruan tinggi, dengan syarat institusi dan program studi S1 perguruan tinggi penyelenggara harus terakreditasi A atau B.

Selain PPG, program unggulan lain yang diluncurkan bertepatan peringatan HARDIKNAS  2017 adalah Teaching Industry, Portal Kinerja Publikasi Ilmiah Dosen, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), SISTER (Sistem Informasi Terintegrasi), dan Grand Desain SDM Tenaga Kependidikan, Insinyur, dan Kesehatan.

Rel