Pengkajian Kitab Kuning Gelar Pengkajian Kitab Kuning

By 21 Des 2017, 07:36:42 WIBSeni & Budaya
Pengkajian Kitab Kuning Gelar Pengkajian Kitab Kuning

Universitas Islam Makassar bersama PWNU Sulawesi Selatan dengan Lembaga Bahsul Masail menghadirkan beberapa Ulama. Almukarram DR. KH. Ruslan, Lc.,MA. Katib Syuriah PWNU Sulsel yang juga sebagai Dekan Fakultas Agama Islam, bersama dengan Sekretaris NU Sulsel Prof. DR. HM. Arfin Hamid, SH.,MH. Juga selaku Wakil Rektor I UIM serta beberapa pejabat dilingkungan civitas akademika Prof. DR. HM. Tahir Malik selaku Asdir I PPs UIM, Kaprodi PAI ikut mendengarkan pengajian di Masjid Ash Shahabah UIM, Malam Jumat, 16 November 2017.

Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri sesuai dengan disiplin keilmuannya diantaranya Almukarram DR. KH. Ruslan, Lc.,MA. Yang mengupas kitab al Risalah dalam sambutan pengajiannya, beliau mengatakan "secara garis besar kitab ini memberi tuntunan untuk memahami dalil dalil syar i baik secara tekstual maupun kontekstual, dan menuntun menemukan dalil dalil syar i Dalam upaya menyikapi realitas kehidupan manusia yang sangat dinamis. Memahami sebuah teks membutuhkan metodologi tertentu oleh karena sebuah penjelasan dalam teks membutuhkan penjelasan lagi untuk memperjelas penjelasan tersebut. Merangkai antara satu penjelasan dengan penjelasan lain untuk melahirkan penjelasan. Dan penjelasan penjelasan tersebut harus terbangun diatas logika dan metodologi berfikir.  Itulah antara lain yg terkandung dalam kitab ini. DR. KH. Muammar Bakry, Lc., MA. Imam Besar Masjid al Markaz al Islami/Wakil Rektor IV UIM, DR. KH. Andi Aderus, Lc.,MA ketua umum ICATT, DR. KH. Andi Hamzah, Lc., MA. lembaga bahsul masail PWNU Sulsel.

“Kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari proses pematangan dan pemahaman sekaligus bentuk interaksi kita dalam memahami amaliyah kaum nahdhiyyin yang wasatiyyah. Sivitas akademika UIM harus menjadi yang terdepan dan memahami hal itu apalagi yang sifatnya furuiyyah dan khilaf