Pencak Silat Pagar Nusa Wajib di UIM

By Administrator 10 Sep 2017, 11:03:49 WIBSeni & Budaya
Pencak Silat Pagar Nusa Wajib di UIM

Pimpinan Wilayah Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Penataran Pelatih dan Wasit Juri pada Sabtu-Senin, 9-11 September 2017 di Auditorium KH. Muhyiddin Zain Universitas Islam Makassar Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 9 No 29 Tamalanrea Makassar.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pelantikan dan pengukuhan Pimpinan Cabang Pencak Silat NU Pagar Nusa Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Bone, Takalar, Pangkajene Kepulauan, Bulukumba, Sinjai dan Pinrang.

Dewan Pembina Pimpinan Wilayah  Pagar Nusa Povinsi Sulawesi Selatan Majdah Agus Arifin Nu’mang yang juga Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) dalam sambutannya mengungkapkan dukungan terhadap kehadiran Pencak Silat Pagar Nusa yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Nahdlatul Ulama. 

“UIM adalah Perguruan TInggi Nahdlatul Ulama sedangkan Pagar Nusa adalah Badan Otonom NU, maka dari itu di kampus UIM kami mewajibkan seluruh mahasiswa untuk mempelajari pencak silat NU dan itu sudah kami masukkan sebagai kegiatan Kokurikuler dalam Kurikulum UIM” tutur Majdah.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Sulawesi Selatan Syamsu Rizal yang juga Wakil Walikota Makassar, Pengurus Wilayah NU Sulsel, Pejabat Stuktural lingkup UIM, Para Pendekar Pagar Nusa, dan ratusan anggota Pagar Nusa yang berasal dari Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan.