200 Ahli Ekonomi Pertanian Berkumpul di Bangkok

By Administrator 14 Jan 2017, 10:33:11 WIBKegiatan Dosen
200 Ahli Ekonomi Pertanian Berkumpul di Bangkok

Sekitar 200 ahli ekonomi pertanian yang tergabung dalam Asian Society Agricultural Economists (ASAE) berkumpul di Bangkok 11-13 Januari 2016. Perhimpunan Ahli Ekonomi Pertanian Asia, rutin dalam acara tahunan ke 9 ini  bertajuk 9th ASAE International Confrence dengan fokus pembahasan Transformation in Agricultural And Food Economy in Asia.

Puluhan makalah dibahas dalam pertemuan digelar di The Emerald Hotel Bangkok ini, tentunya topik topik makalah  terseleksi  dibahas sesuai dengan perkembangan terakhir terkait transformasi di bidang ekonomi pertanian dan pangan di Asia.

Sebelum pembahasan makalah,  dilaksanakan plenary session yang diisi  pidato ilmiah dari Professor Jikun Huang, Direktur Pusat Kebijakan Pertanian China, Unversitas Peking dengan judul pidato Kompetisi dan Transformasi Pertanian di Asia. Suatu hal yang penulis catat dalam pidato ini terkait Indonesia adalah transformasi pedesaan Indonesia termasuk lebih cepat dibandingkan dengan beberapa negara lain di Asia.

Makalah makalah yang bersumber dari perguruan tingggi, lembaga penelitian maupun profesi yang telah dibahas dalam paralel Session diantaranya Makalah Peter Warr dari Austalia National University. Makalah ini membahas konsolidasi lahan sebagai perubahan teknis, dampaknya terhadap suply tenaga kerja luar pertanian di Vietnam. makalah lainnya adalah terkait transformasi pertanian dan pedesaan di Myanmar di sampaikan oleh Duncan Boughton.

Hal yang menarik dari persentase Boughton adalah diungkapkannya perinsip bangsa Myanmar terkait beras, yang mungkin mirip dengan perinsip petani di Sulawesi selatan bahwa beras adalah hidup kami, beras adalah ekonomi kami dan beras adalah politik kami. Sementara